Open top menu
Selasa, 01 April 2014

Sumber
Dekorasi rumah biasanya harus mengeluarkan biaya cukup tinggi agar rumah terlihat menawan dan lebih artistik. Namun, hilangkan mindset seperti itu. Anda tak harus mengeluarkan kocek berlebihan untuk mendekorasi rumah agar terlihat cantik dan artistik. Beberapa barang seadanya di sekitar kita, atau sudah tak terpakai lagi, pun bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi rumah.
Selain lebih hemat biaya, mendekorasi rumah dengan memanfaatkan barang bekas bisa membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Berikut ini beberapa panduan dalam mendekorasi rumah dengan memanfaatkan barang bekas atau barang-barang sudah sudah tak terpakai lagi :
1. Kunci yang sudah tak terpakai
Kunci yang sudah tidak terpakai dapat menjadi alternatif untuk dijadikan pajangan. Lihat gambar di bawah ini.
Dekorasi rumah dari barang bekas
Dalam hal ini, kita bisa memasukkan kunci-kunci bekas ke dalam bingkai foto, ditata sedemikian rupa sehingga akan terlihat lebih artistik, sekaligus menunjukkan kepribadian Anda yang kreatif.
2. Hiasan dari gambar di koran / majalah
Kalau Anda tertarik dengan gambar di koran dan majalah, berukuran besar dan tidak pecah, silakan dipotong dan bisa dijadikan hiasan dinding yang unik. Contoh bisa dilihat pada gambar berikut ini:
Dekorasi rumah dari barang bekas
Caranya simpel saja. Gunting gambar-gambar yang ada di majalah atau koran yang dianggap bagus. Boleh pemandangan alam, otomotif, pemain bola idola Anda, penyanyi atau grup band favorit, dan sejenisnya.
Gambar kemudian ditempel pada karton, lalu dibingkai. Bisa juga tanpa bingkai / figura, melainkan ditempel pada sterofoam atau triplek, lantas dipajang di dinding kamar, atau ruangan lain.
3. Meja dari tumpukan buku bekas
Punya buku atau majalah yang sudah tak terpakai lagi? Daripada menumpuk di gudang, yang hanya menjadi makanan tikus, rayap, dan belatung, mengapa tidak diolah menjadi sesuatu yang berharga dan bisa mempercantikan ruangan di rumah Anda?
Coba lihat gambar sederhana di bawah ini:
Dekorasi rumah dari barang bekas
Sepele? Ya, sangat sepele! Buku bekas ditumpuk-tumpuk dan difungsikan sebagai meja. Dijamin lebih bermanfaat. Satu hal lagi, jarang lho orang lain yang memiliki meja unik dari buku bekas.
4. Hiasan dari guntingan kertas berwarna
Dulu, saat masih sekolah dasar, kita sering disuruh Pak Guru atau Ibu Guru untuk membuat barang-barang kerajinan dari bahan kertas marmer atau kertas manila aneka warna.
Dekorasi rumah dari barang bekas
Sekarang, aplikasikan pengajaran mereka saat kita sudah remaja atau dewasa. Anda dapat membuat potongan-potongan kertas marmer, atau lebih baik lagi kertas manila / karton aneka warna.
Dalam hal ini, Anda bebas mau mendesainnya seperti apa. Bisa hiasan lucu dan cantik, atau sekadar ikon love, bintang, maupun berbagai shape lain sesuai dengan selera Anda.
5. Hiasan dinding dari kumpulan kertas warna
Dekorasi rumah dari barang bekas
Kertas berwarna ini bisa diperoleh dari majalah bekas yang digunting-gunting. Bisa pula dari kertas manila / karton aneka warna, atau kertas spotlight yang biasa digunakan untuk hiasan dinding. Bikin hiasan sekreatif mungkin, dengan mengikuti alur warnanya.
6. Membuat peta dari koran
Dekorasi rumah dari barang bekas
Silakan cermati gambar di atas. Hiasan berbentuk peta yang terbuat dari potongan kertas koran. Ya, sekali lagi, ini membuktikan bahwa barang bekas pun bisa mempercantik ruangan Anda.
7. Vas dari botol bekas
Dekorasi rumah dari barang bekas
Jangan buang botol bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Anda bisa memanfaatkannya menjadivas bunga unik dan cantik di rumah.
8. Hiasan dari t-shirt bekas
Boleh jadi, ide ini di luar bayangan Anda. Padahal hampir setiap orang memiliki t-shirt bekas alias tak terpakai lagi, terutama karena sudah terlalu sempit.
Dekorasi rumah dari barang bekas
Cara membuat hiasan dari t-shirt bekas ini juga sederhana. Tempelkan pada sterofoam atau rangka kayu, dan hadapkan logo atau gambar yang menarik di bagian depan.
9. Paduan majalah, bantal, ikat pinggang
Dekorasi rumah dari barang bekas
Kursi kreatif ini dibentuk dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, yaitu majalah atau buku yang ditumpuk, kemudian di atasnya diberi bantal dan diikat dengan ikat pinggang.
10. Majalah hanger
Dekorasi rumah dari barang bekas
Majalah yang sudah tak dibaca lagi bisa disulap menjadi hiasan dinding rumah dengan menggunakan hanger. Ha..ha.., tetangga Anda pasti terkejut melihatnya.
11. Kursi koper tua
Dekorasi rumah dari barang bekas
Kursi tak selamanya terbuat dari kayu. Koper tua pun dapat disulap menjadi kursi yang nyaman. Aha, tak sulit membuatnya.
Koper tinggal diisi dengan bahan-bahan busa yang biasa digunakan untuk membuat kursi. Tidak lupa, lengkapi pula koper tua itu dengan kaki-kaki penyangga, selayaknya kursi pada umumnya.
12. Raket kaca
Dekorasi rumah dari barang bekas
Punya raket tenis atau bulutangkis yang tak lagi terpakai? Kalau ada, cobalah ide kreatif ini:raket kaca.
Raket ini telah beralihfungsi dengan kaca di bagian tengah. Tetapi jika ingin mengubah raket menjadi hiasan dinding kaca, sebaiknya tetap minta bantuan kepada ahli / tukang cermin, terutama untuk membuat list depan dan belakang di bagian pinggir raket untuk menjepit kaca secara kuat.
13. Kursi bathtub
Dekorasi rumah dari barang bekas
Bathtub menjadi kursi sofa? Mengapa tidak? Sepertinya ini bakal menjadi hiasan paling unik di rumah Anda.
Dengan memodifikasi bathtub tak terpakai dan menambah beberapa elemen pendukungnya seperti busa, kaki-kaki kursi, maka jadilah kursi bathtub yang jarang dimiliki orang lain.
Pengerjaannya memang terbilang rumit. Sebab bathtub mesti dihilangkan beberapa bagian dan harus ditambahkan kaki-kaki di bagian bawahnya.
Jika menemui kesulitan, Anda dapat menyerahkan pembuatan kursi ini kepada ahlinya. Yang penting Anda sudah memiliki idenya.
14. Rak serbaguna
Dekorasi rumah dari barang bekas
Rak ini terbuat dari tabung drum yang sudah dimodifikasi menjadi rak yang eksotis serta rangkanya memakai pipa air.
15. Lampu parutan
Dekorasi rumah dari barang bekas
Lampu dari parutan ini membuat rumah Anda menjadi lebih unik, cantik, dan artistik. Apabila Anda mempunyai parutan yang sudah tak terpakai, dilakan dicat dengan warna kesukaan Anda, dan jadilah hiasan cantik seperti gambar di atas.
Bagaimana? Simpel, kreatif, dan unik bukan?
Sumber: http://simomot.com/2014/02/24/mendekorasi-rumah-dengan-memanfaatkan-barang-bekas/
Different Themes
Written by Agus Benny Kurniawan

Seorang pemuda lajang asal kota kupang lontong, Sidoarjo. Bekerja sebagai seorang freelancer dan konveksi. Info lebih lanjut silahkan kunjungi sosmed pribadinya. Twitter dan Facebook.

0 komentar